Kamis, 13 Maret 2014

What is Extreme Food??

Hi Guys, hari ini adalah presentasi terakhir dari materi presentasi di mata kuliah Advance Food and Beverage Innovation.
Presentasi terakhir ini agak sedikit ekstrem sih dan mungkin membuat kalian yang membaca ini agak mual-mual dan mungkin pengen muntah.

Materi presentasi hari ini tentang “Extreme Food”. Apa sih yang membuat suatu makanan masuk extreme food? Seberapa ekstrem kah makanan itu? Yuk, kita masuk aja ke materi.

Kita bicara extreme food di Amerika dulu ya. Di Amerika ada makanan yang namanya Tiram Rocky Mountain, makanan ini dibuat dari testis hewan seperti sapi, babi, kerbau. Ada juga makanan dari plasenta hewan. Konon katanya plasenta hewan ini kalau dikonsumsi bisa mencegah depresi pada ibu hamil.
Escamoles itu dari Mexico dan merupakan caviar dari serangga, rasanya pun seperti kacang.
Ada lagi Ant Candy. Ant Candy ini adalah permen atau coklat dari semut, ada juga lolipop dari semut, jangkrik, maupun ulat. Ada juga lolipop kalajengking, lolipop ini harganya 30ribu per satuannya.

Yang terakhir yang ada di Amerika adalah jus kodok. Jus kodok ini dari kodok hidup yang dikuliti lalu diblender hidup-hidup.

Sekarang kita masuk ke Afrika.
Ada juga darah sapi yang dikonsumsi oleh orang Afrika. Orang Afrika sendiri mengambil darah sapi dengan cara yang unik dan cukup kejam, karena mereka mengambil darahnya dengan cara melubangi pembuluh darah utama sapi tersebut. Orang Afrika biasanya meminum darah sapi secara langsung ataupun dengan mencampur dengan susu atau susu asam yang dimasak sampai kental.

Selanjutnya kita beralih ke Eropa. Pertama ada Black Pudding dari Inggris, makanan ini seperti sosis tapi dari darah dan daging cacah yang ditambah lemak hewan, jadi disebut sosis darah.
Casu Marzu merupakan keju dari susu domba atau keju Pecorino yang dijemur dibawah matahari, lalu lalat-lalat Piophila casei datang dan bertelur di keju tersebut, kemudian telur tersebut menetas dan menjadi belatung.
Absinth ada di Perancis, Ceko dan Spain adalah minuman berwarna hijau yang memiliki kandungan alkohol sebesar 74%, namun minuman ini sangat berbahaya apabila diminum terlalu banyak. Efek dari minuman ini bisa menyebabkan halusinasi pada peminumnya, bahkan dapat menyebabkan kematian.
Criadillas merupakan makanan dari buah zakar hewan yang digoreng tepung.
Yang terakhir ada Pacha dari Norwegia. Pacha ini adalah kepala domba yang dimakan mulai dari telinga, mata, hidung dan lidah.

Beralih lagi ke Asia. Di China ada teh yang namanya Teh Panda. Tau gak harganya berapa? Harganya 770milyar. Mahal banget kan. Padahal teh ini dari kotoran panda yang memakan daun teh lalu dikeluarkan menjadi kotoran kemudian dibersihkan dan diolah menjadi teh Panda.
Ada lagi udara kalengan yang dijual di China. Kenapa udara dijual? Alasannya karena di China banyak polusinya sehingga diciptakan udara kalengan, dan harganya 5 yuan.
Orang-orang China juga memakan otak kera secara hidup-hidup. Jadi kera yang masih hidup itu ditaruh dibawah meja yang telah dibolongi atasnya, kemudian langsung saja dilubangi dan diseruput atau dimakan, padahal masih terdengar rintihan kera itu. T.T kasian banget sama keranya T.T

Di Philipina ada makanan yang sedikit menjijikan dan juga kasian sih. Sebut saja Balut. Balut ini telur bebek, tapi telur bebek yang sudah jadi embrio dan dimakan secara langsung dengan diminum dulu airnya lalu dimakan embrio bebeknya.

Di Thailand sendiri ada Goong Ten, yaitu udang menari (udang yang dimakan hidup-hidup). Sedangkan di Korea ada San Nakji. San Nakji ini adalah gurita yang dimakan hidup-hidup.

Di Jepang ada makanan ekstrem juga, yaitu Shirako. Shirako ini dari kantong sperma atau alat kelamin jantan dari ikan.
Ada juga Fugu, ini merupakan ikan beracun. Ternyata bagian duri, ovarium, dan jantungnya yang beracun.

DI Australia ada makanan yang namanya Cat Stew. Wah padahal kucing itu lucu, tapi kenapa dimasak juga? T.T
Cat stew ini dari daging kucing yang dipotong kotak-kotak lalu disteam selama 5 jam dan ditambah saus plum.

Sebenarnya, bukan hanya di luar negeri saja yang memiliki extreme food, tapi di Indonesia juga ada. Misalnya saja Bothok tawon, lawar bali, dan juga rujak cingur. Ada juga makanan dari daging ular, hati ular, tupai dan juga buaya.

Okay, sekian sharing tentang Extreme Food hari ini. Pasti pada mual-mual ya?
Tapi sebelum itu, aku pengen menciptakan suatu ide bisnis, namun setelah dipikir-pikir, kok terlalu ekstrem ya? Jadi aku memutuskan untuk tidak membuat ide bisnis dari materi hari ini.

Nah, mungkin kita akan ketemu lagi dalam jangka waktu yang cukup lama, karena aku akan fokus sama mata kuliahku dulu di semester 4 ini.
Aku juga mau minta maaf untuk sharing hari ini yang terlalu panjang dan membahas makanan yang bisa membuat kita tidak nafsu makan.
Akhir kata aku mau ngucapin
Thank You J

See You Next Time Guys ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar