Kamis, 06 Maret 2014

Frozen and Icy Dessert

Hallo semuanya, kita ketemu lagi nih di sharing kita yang ke 11.
Wah, sudah banyak juga ya aku berbagi ilmu sama kalian. Tentu saja kalian gak bosan kan?? Hehehe ^^

Sharing hari ini tentang  “Frozen and Icy Dessert”.
Seperti apa sih frozen dessert itu? Dan apa sih frozen dessert itu?
Yuk, kita langsung aja ke sharing hari ini.

Frozen dessert itu adalah hidangan penutup yang rasanya manis, dan biasanya terdapat proses pembekuan dari zat cair menjadi semi padat ataupun padat dalam hidangan tersebut.
Seperi yang kita tahu, dessert itu dihidangkan paling terakhir ketika makan dan biasanya sebagai hidangan pencuci mulut.

Frozen dessert itu contohnya adalah shaved ice atau dikenal dengan nama es serut. Es serut ini sudah ada sejak 400 tahun sebelum masehi, dan bahan dasar pembuatannya menggunakan salju. Shaved ice ini zaman dulunya dimakan ketika musim panas. Nah, darimana asalnya salju ketika musim panas? Jawabannya adalah karena orang zaman dulu mempunyai bangunan seperti freezer untuk menyimpan salju yang telah mereka kumpulkan ketika musim dingin.

Shaved ice ini ada berbagai macam contohnya, seperti Snow cone dari Amerika terdiri dari es serut dan sirup, biasanya disebut snow ball.
Ada juga Kakigori dari Jepang, Halo-Halo dari Philipine yaitu terdiri dari buang, jelly, kacang, susu dan es serut, Patbingsu dari Korea, yaitu es serut dan kacang merah, Sorbet terbuat dari es serut, air, gula, putih telur, dan ada campuran alkohol yang membuat es serut menjadi lembut.
Ada Granita yang hampir sama seperti sorbet, namun lebih kristal dan terdapat gelatin di dalamnya. Spoom merupakan jenis sorbet berbusa dengan campuran meringue (putih telur yang dikocok hingga mengembang dan dicampur gula halus), yang terakhir ada Ice Pop.

Frozen dessert lainnya adalah semi fredo, ice cream, frozen custard, frozen yogurt, kulfi, gelato, mousse, panacotta, dan faloodeh.
Semi fredo ini lebih padat dari sorbet, dan terdiri dari fruit puree, ice cream dan whipped cream.
Frozen custard itu sama seperti es krim namun diberi tambahan kuning telor.
Frozen yogurt dari Amerika dan sudah ada sekitar 1900’an.
Kulfi itu adalah es krim dari India dan hampir sama seperti es krim namun beda di rasa, karena rasa yang diambil berasal dari spices India.
Adalagi faloodeh yang berasal dari Persia. Dessert dingin ini lebih lembut dan terbuat dari pati jagung dan sirup.

Mungkin ini dulu yang bisa aku sharingkan tentang Frozen and Icy Dessert.
Dan sebelum mengakhiri sharing hari ini, aku ingin berbagi ide yang mungkin dapat direalisasikan, yaitu membuat shived ice dengan bentuk menyerupai wajah manusia atau kartun dalam ukuran kecil, sehingga dapat dimakan dan memiliki nilai seni dalam penjualannya.

Sekian dulu sharing hari ini, karena aku juga sudah lelah seharian kerja tugas. ^^
Akhir kata, aku hanya ingin bilang
Keep Smile and Fighting ^^

Thank you J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar