Kamis, 02 Oktober 2014

Benchmarking at Jogja Day 3

Hari ke 3 di Jogja diawali dengan susah bangun. Yak ini dikarenakan semalam begadang dan berkumpul serta ngobrol dengan beberapa turis asing dari beberapa negara.
Karena terlalu asiknya untuk berfoto dan ngobrol dan belajar bersama turis tersebut, akhirnya kami tidur larut malam dan akhirnya kecapekan.

Hari ini kita menuju ke kunjungan selanjutnya yaitu...

SALAM

SALAM adalah Sanggar Anak Alam. Sangar anak alam ini semacam sekolah alam bagi anak-anak di sekitar pedesaan yang kurang mampu maupun anak-anak yang ingin belajar pendidikan alamiah dan hadap masalah kehidupan sehari-hari secara nyata dan bukan hanya teori saja.

Ibu Wahya

SALAM ini didirikan oleh Ibu Sri Wahyaningsih dan telah dimulai dari tahun 1988 di Lawen.
Banyak rintangan yang telah dialami oleh Bu Wahya, begitu biasanya beliau dipanggil. Pada awalnya, Bu Wahya melihat banyak anak-anak yang membantu orang tua mereka bekerja dan tidak sekolah, inilah mengapa bu Wahya tergerak hatinya untuk mendirikan SALAM.
Namun pada awalnya, banyak orang-orang tua yang menentang keberadaan anak-anak mereka di SALAM ini, karena orang tua menganggap anaknya hanya membuang waktu dan tidak ada waktu untuk membantu orang tuanya bekerja, namun dengan kegigihan yang terus menerus, akhirnya SALAM dapat berkembang seperti sekarang ini dan banyak dukungan dari orang tua anak yang ikut membantu pengembangan SALAM.

SALAM ini memiliki tingkatan setara sekolah yaitu dari Paud sampai SMP dan dengan jumlah 120 anak dan 28 fasilitator.
Banyak kegiatan yang mereka lakukan di SALAM seperti memasak, mencoba berjualan dan peduli lingkungan hidup sekitar serta bersikap jujur dan kritis.

Di SALAM juga ada berbagai macam produk yang dijual dan itu merupakan hasil kerja dari pengelola SALAM, anak-anak SALAM, fasilitator SALAM dan juga kerabat SALAM.
Produk yang dijual seperti ayam asap, baju kaos, ekstrak herbal, kaldu bubuk alami, dan lain sebagainya. Semua yang diproduksi di sini sangatlah aman untuk kesehatan.
Ayam asap produksi SALAM

Selain kegiatan edukasi, ada juga klinik kesehatan akupresure yang terbuka untuk umum, dan bersilahturahmi dengan orang tua serta masyarakat dengan melakukan pelatihan-pelatihan, dll.
Hasil karya anak SALAM


Ruang kelas yang digunakan

Setelah dari SALAM, kami akan menikmati makan siang di Butet dan akan ada free time. Yeiii
Di saat free time, kami tidak lupa membeli oleh-oleh bakpia pathok khas Jogja.
Setelah puas membeli oleh-oleh, kami menemani Pak Nur untuk ke taman pintar, dan di taman pintar saya menjumpai berbagai kios yang menjual berbagai macam buku. Tapi saya cuma sempat lihat-lihat sebentar sih.. hehehe

Habis dari Taman Pintar, kami menuju ke stasiun karena harus kembali ke Surabaya dengan kereta api Sancaka.
Tak terasa perjalanan selama 3 hari 2 malam sudah harus berakhir dan ditunggu dengna berbagai tugas yang akan datang selanjutnya.

Yakkk, selama perjalanan di kereta, saya tidur dengan pulas karena ngantuk sekali, dan perjalanannya juga cukup panjang dan hari sudah sore dan gelap.
Alhasil, sampai Surabaya pukul 21.35 dan sampai di kos pukul 23.00.. Hehehe

Sekian sharing kali ini
See you ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar