Kamis, 04 September 2014

Day 3 at Pusdakota

Hi semuanya..
Rabu ini kelas E sosial berkunjung ke Pusdakota Ubaya. Pusdakota Ubaya ini terletak di jalan Rungkut Lor III no. 87 Surabaya. Pusdakota merupakan pusat pemberdayaan komunitas perkotaan yang bergerak di bidang socialpreneur. Pusdakota Ubaya telah berdiri selama 14 tahun lamanya dan merupakan sebuah pusat pemberdayaan yang nonprofit.
Di Pusdakota kami berkenalan dengan seorang ibu bernama Ibu Laila yang merupakan salah satu pengelola Pusdakota. Ibu Laila yang mengajak dan membawa kami berkeliling serta memberikan banyak pelajaran dan ilmu kepada kami tentang apa yang dilakukan di Pusdakota. Di Pusdakota, kita dapat belajar tentang alam dan lingkungan, dimana kita dapat belajar tentang bagaimana membuat drainase dari air selokan, pertanian organik, membuat pupuk kompos, mengolah limbah pembuangan dari toilet, dll.
Semua itu dapat kita pelajari di Pusdakota tanpa perlu membayar, karena pengelola di sana sangat terbuka untuk pelajar, mahasiswa bahkan masyarakat yang ingin belajar ke sana. Selain itu, di Pusdakota juga memberdayakan masyarakat yang ingin berkreasi dengan memanfaatkan limbah-limbah plastik yang tidak dapat diuraikan menjadi suatu kerajinan seperti tas dan dompet yang cantik seperti yang dilakukan oleh Ibu Hermin. Selain membuat kerajinan dari limbah plastik, Ibu Hermin juga memberikan pengajaran dan membagikan ilmunya kepada siapa saja yang ingin belajar membuat kerajinan dari limbah plastik sehingga memiliki nilai jual yang tinggi.
Setiap orang yang ada di Pusdakota, memiliki visinya masing-masing, dan semua visi mereka selalu bertujuan untuk sosial tanpa memandang aspek finansial. Pak Cahyo sebagai kepala pengelola di Pusdakota ini telah lama terjun dalam dunia sosial, dimana Pusdakota ini masi sekedar lahan kosong saja. Beliau merupakan lulusan dari Kanada yang kembali ke Indonesia dan mengabdi di Pusdakota ini seperti hingga saat ini.
Yang saya pelajari dari kunjungan ke Pusdakota Ubaya adalah bahwa bisnis sosial itu dapat menguntungkan, tapi tidak dapat dihitung dari besarnya keuntungan yang didapat, namun nilai yang paling besar dan paling tinggi adalah nilai sosial dimana kita bisa berbagi dengan sesama. Segala yang dilakukan dengan kerja keras pasti akan membuahkan hasil yang memuaskan pula. ^^
Sekian untuk sharing kali ini..
Salam Entrepreneur ^^ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar