Kamis, 13 Februari 2014

All About Potatoes

Hi, ini sharing ke-2 ku untuk hari ini.
Sekarang kita akan membicarakan tentang “Potatoes”

Apa itu potatoes? Bagaimana sejarahnya? Apa saja macamnya?
Semuanya akan aku sharingkan di sini ^^

Kentang merupakan umbi-umbian yang kaya akan karbohidrat dan vitamin C.
Kentang itu sendiri ditemukan oleh Columbus di Amerika Selatan sekitar danau Titicaca, pegunungan Andes.

Ada beberapa jenis kentang yang telah kita temui di Indonesia, misalnya seperti kentang merah. Kentang merah ini memiliki kulit berwarna merah, umbinya berwarna putih, dan kentang ini langka, sehingga hanya dijumpai di dataran tinggi Dieng.
Ada juga kentang kuning, dan kentang putih. Kedua kentang ini jika dibandingkan akan sangat berbeda, karena kentang kuning rasanya lebih enak, dan tidak mudah hancur ketika digoreng serta harganya lebih mahal daripada kentang putih, sedangkan kentang putih rasanya hambar dan mudah hancur.

     
Kentang Merah                           Kentang Kuning

Kentang Putih

Ada pula kentang hitam dan kentang hijau. Kentang hitam ini baru pertama kali aku dengar waktu di kelas. Kentang hitam memiliki kulit berwarna ungu kehitaman, dan umbinya berwarna krem pucat, serta banyak dijumpai di kepulauan Shetland.
Sedangkan kentang hijau ini harus dihindari karena warna hijau dari kentang ini mengandung senyawa alkaloid yang bersifat racun, sehingga menyebabkan sakit kepala, sakit perut, dan buang-buang air.

      
Kentang Hitam                              Kentang Hijau
  
Kentang sendiri memiliki beberapa manfaat kesehatan dan kecantikan, seperti sebagai sumber energi, sumber vitamin C kedua setelah jeruk, mencegah kolesterol dan penyakit jantung, mengontrol tekanan darah, dapat menghilangkan jerawat dan noda hitam di wajah, memperlambat adanya keriput, memutihkan wajah, dan mencegah minyak di wajah.

Ada yang unik dari sebuah kentang. Seorang pelukis bernama Ginou Choueiri menjadikan sebuah kentang menjadi media untuk melukis wajah, karena menurut dia, kentang memiliki tekstur dan warna seperti kulit manusia.


Lain lagi di China, ada seorang pedagang bernama Lin Qi yang menemukan kentang berbentuk hati di dalam sekarung kentang miliknya. Kentang itu tidak dijual olehnya, namun sekarang dipamerkan di sebuah pameran pertanian. Mungkin kentang ini cocok dijadikan sebagai hadiah Valentine untuk orang yang dikasihi. Hehehe ^^


Di dunia ini, ada beberapa varietas kentang, yaitu Nicola, biasanya untuk bahan salad. Russet Burbank, merupakan kentang Amerika klasik, di biasanya digoreng atau dibakar. Ada lagi yang namanya Lapin Puikula, tumbuh di tanah basah Finlandia, bisa direbus atau bakar. Selanjutnya ada Yukon Gold, kentang ini lembut dan berasal dari Kanada, cocok dibuat mashed potato, dan salad. Yang terakhir adalah Royal Jersey, ini merupakan kentang satu-satunya yang ada di Inggris, cocok untuk dibuat mashed potato, dibaked dan salad.

Kentang juga dapat dijadikan berbagai macam masakan, seperti
Kartoffelknodel

French fries


Bacon Wrapped Yukon Gold

Wedges potato

Potatoes Boulangere

Baked Jacket Potato

Potato casserole

Potato Anna

Potato Au Gratin (rasanya gurih)

Hmm, sebenarnya aku kepikiran sih untuk buat sesuatu yang berbeda dari kentang ini. Karena aku suka coklat, jadi aku ingin membuat kentang goreng saus coklat. Semoga bisa enak deh rasanya. Hehehe
Dan aku kepikiran juga untuk buat bubur kentang, sehingga balita juga dapat mengkonsumsinya, dan juga mashed potato goreng. ^^

All is done. Ketemu lagi besok ya teman-teman ^^

Thank You J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar