Kamis, 06 Februari 2014

Experience of Cuisine Worldwide

Hallo guys, ini kali pertamanya aku posting di blog ku ini. Salam kenal ya semuanya. ^^
Nah, kali ini aku akan menceritakan pembelajaran dan pengalaman yang aku dapatkan selama mata kuliah Advance Food and Beverage Innovation. Semoga sharing pengalamanku ini dapat bermanfaat. ^^

Hari ini adalah hari pertama presentasi di mata kuliah ini dan kelompok pertama presentasi dengan tema Cuisine Worldwide serta diberikan waktu presentasi selama 50 menit. Aku cukup kaget dengan kelompok pertama, karena slide presentasi yang ditampilkan cukup banyak sekitar 100 slide, dan waktu yang ada cuma 50 menit. Akhirnya mereka pun presentasi secara cepat dan membahas hal-hal yang menurut mereka sangat penting saja.

Cuisine Worldwide ini sangat menarik untuk dibahas dan dipelajari, karena kita bisa mengenal berbagai makanan yang ada di dunia, dari makanan yang dapat menggugah selera makan kita saat lagi kelas, dan ada pula makanan yang bisa dibilang cukup ekstrim.
Makanan yang ada di dunia sebenarnya ada kesamaan antara negara satu dengan negara lainnya, karena makanan yang ada di dunia telah bercampur dengan budaya-budaya yang masuk ke masing-masing negara yang ada, sehingga terciptalah makanan baru dan unik dengan nama yang baru serta dapat dikenalkan pada dunia. Bukan hanya itu saja, namun dengan adanya penjajahan dapat terjadi mixing antara makanan negara yang dijajah dengan negara yang menjajah. Karena mereka memiliki keuntungan timbal balik dari masing-masing negara yang dijajah maupun menjajah.
Contohnya saja Empanadas dari South America. Makanan ini hampir sama dengan Samosa dari India, hanya yang membedakan adalah tekstur dan bentuknya saja.

       
Empanadas                                         Samosa

Ada pula makanan dari Central America yang memiliki kesamaan, yaitu contohnya Burrito dan Taco. Namun, yang membedakan adalah cara penyajiannya, Burrito dengan tortilla yang digunakan itu di wrap dan diisi dengan nasi, sedangkan Taco dengan tortilla dilipat menjadi setengah. Isi dari kedua makanan ini sama, yaitu daging dan sayur-sayuran.

Burrito                                     Taco

Nah, ada juga yang unik dari nama makanan yang dipresentasikan kali ini, namanya Buffalo wing. Buffalo wing ini sebenarnya sangat kita kenal dengan Chicken wing, namun di North America menyebutnya Buffalo wing. Dan uniknya lagi, Buffalo wing ini ada festivalnya lho, yaitu Chicken Wing Festival yang diperingati di Amerika setiap tanggal 29 Juli. Dan festival ini telah ada pada tahun 1964.

Buffalo Wing

Sekedar info aja, ternyata sosis itu berasal dari Jerman dan Nutella itu berasal dari Italia lhoo. ^^

Sekarang kita beralih ke Asia. Di negara Kazakhstan makanannya lebih dominan berbahan dasar dari daging kuda dan kambing. Contoh makanan di Kazakhstan : Kuyrdak, hati goreng, ginjal, paru-paru dan jantung kambing. Beshbarmak, masakan dari kambing yang disajikan bersama potongan kepala kambing yang telah dimasak.

      
Kuyrdak                                            Beshbarmak 

Mungkin ini dulu sharing dari aku kali ini. Kita ketemu lagi di post selanjutnya ya ^^
Thank you J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar