Jumat, 07 Februari 2014

Experience of Onigiri

Hi guys.. Kita kembali lagi dengan sharing presentasi di kelas Advance Food and Beverage Innovation hari ini.

Tema hari ini adalah Onigiri.
Onigiri itu apa sih?

Onigiri adalah makanan dari Jepang yang biasa disebut nasi kepal yang biasa digunakan sebagai bekal makan siang yang mudah dibawa dan praktis.
Onigiri sendiri telah dikenal sejak abad ke 11 oleh Lady Murisaki dan biasanya digunakan sebagai bekal untuk para samurai pada saat perang.
Onigiri pada awalnya memiliki nama Tonjiki. Dan Onigiri mulai dibuat secara massal pada tahun 1980.
Sekarang ini, Onigiri biasanya digunakan sebagai makanan darurat atau bantuan darurat bagi para korban bencana alam, karena Onigiri itu sendiri mengandung pengawet alami yang membuat onigiri dapat bertahan lama.




Onigiri memiliki berbagai macam bentuk dan isi. Bentuknya pun mulai dari bentuk triangle, ball, round, tawara/lonjong dan sekarang ini berkembang bentuk onigiri yang lucu-lucu.

Triangle                                           Tawara

 
Round                                           Ball

Isinya pun bermacam-macam, seperti Okaka / tuna yang dikeringkan, Tuna mayonnaise , Salmon, Umeboshi / acar, Konbu/ sejenis rumput laut.


Cara pembuatan onigiri pun ada berbagai macam cara, yaitu dengan cara tangan dibasahi dengan air garam untuk memberi rasa dan mengurangi mikroba yang ada dalam onigiri sehingga tidak cepat rusak, kemudian nasi dikepalkan agar padat lalu tengahnya diberi rongga untuk menaruh filling onigiri, lalu dikepalkan lagi sampai padat dan dilapisi norI.
Cara selanjutnya dengan menggunakan dua mangkok yang telah diolesi dengan air, kemudian masukkan nasi ke dalam mangkok dan tutup mangkok 1 dengan mangkok yang ke 2, lalu digoyang-goyang sampai padat dan berbentuk. Kemudian oles dengan garam.
Cara lainnya yang paling mudah adalah dengan menggunakan cetakan berbagai macam bentuk.

Dan ada satu lagi yang unik dari onigiri di Jepang, yaitu Musubi Maru. Musubi Maru ini adalah maskot onigiri yang biasanya berkeliling kota di Jepang untuk mempromosikan Onigiri.


Seiring perkembangan teknologi, muncullah mesin pembuat onigiri dan mesin penjual onigiri otomatis. Mesin penjual onigiri ini ada di negara Thailand. Jadi bagi yang ingin mencoba mesin ini bisa langsung mampir ke Thailand. Hehehe ^^

Nah, sekian sharingku tentang Onigiri yang aku pelajari hari ini. Kalo ada yang mau bertanya lebih dalam lagi, bisa langsung comment di post ini. ^^

Arigato J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar