Jumat, 07 Februari 2014

Experience of Garam Masala

Hi semuanya, ini sharing keduaku untuk hari ini.
Tema kedua kita hari ini adalah tentang Garam Masala.
Apa sih Garam Masala itu? Apakah garam seperti yang kita gunakan sehari-hari? Atau garam yang selalu mencari masalah?? Hmm..
Daripada bingung, yuk kita masuk aja ke sharingku hari ini. Semoga bermanfaat ^^

Di negara India, terdapat berbagai macam rempah-rempah seperti yang kita temui di Indonesia. Makanan orang India, biasanya banyak menggunakan rempah-rempah, seperti kapulaga, biji lada putih, ketumbar, kayu manis,cengkeh dan jinten.

Rempah

Nah, dari rempah-rempah tersebut, orang India membuat mix spices yang dinamakan Garam Masala.

Garam Masala

Menurut orang India sendiri, garam itu berarti panas, sedangkan masala itu berarti campuran.
Jadi, garam masala adalah campuran dari berbagai jenis rempah-rempah yang dihaluskan dan digunakan sebagai pemberi aroma, rasa dan warna.
Namun, garam masala sendiri memiliki ketidakpastian. Maksudnya di sini adalah bahan yang digunakan dalam pembuatan garam masala ini masih belum pasti, karena banyak orang India membuat garam masala dengan rempah-rempah yang ingin mereka gunakan saja.

Cara untuk membuat garam masala sangatlah mudah, yaitu dengan menggunakan blender atau mesin penggiling kopi. Tapi sebelum dihaluskan, semua rempah-rempah yang akan digunakan disangrai terlebih dahulu untuk membuang kadar air yang ada didalamnya.

Mesin penggiling

Garam masala sendiri memiliki berbagai keunikan dan khasiat, di antaranya seperti menambah nafsu makan pada anak-anak, mengobati masuk angin karena memiliki rasa hangat dari jahe yang digunakan, menjaga daya tahan tubuh, dan mengobati masalah lambung dan asma.

Ini adalah tips  untuk menyimpan garam masala agar dapat bertahan lama:
1.     Menggunakan shelf life (bisa tahan 6 bulan)
2.     Mengunakan sendok kayu yang telah dijemur dahulu untuk mengambil garam masala
3.     Menggunakan kertas
4.     Tidak bole kena air

Sampai ketemu lagi di sharing berikutnya ^^

Danyavad J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar